Pages

Riko Septyan Nor Saputra. Powered by Blogger.

Tuesday, March 19, 2013

Tips Sukses Menghadapi UJIAN NASIONAL (Part 1)




Untuk sukses dalam menghadapi sesuatu hal, kita harus tahu apa yang harus dilakukan. Nah ini aku punya tips yang bagus  untukmu supaya sukses diujian nasional. Tips ini berdasarkan pengalamanku dalam menghadapi ujian nasional SMA tahun 2012. Harap dibaca dengan benar-benar dan dipahami ya, kalau bisa dicatet dan direkam dalam memori otakmu. Ini dia tips suksesnya :

SATU HARI SEBELUM UJIAN NASIONAL

1. Tidurlah Yang Cukup Minimal 8 Jam
Dengan tidur yang cukup, diharapkan supaya keesokan harinya kamu bisa good mood dan pikiranmu tenang. Kalau kamu sampai kurang tidur biasanya keesokan harinya menjalani hari dengan mood yang kurang baik, sehingga berpengaruh dalam mengerjakan soal ujian. Dengan mood yang baik karena cukup tidur, diharapkan kamu bisa berkonsentrasi dan fokus dalam mengerjakan soal ujian. Jadi tidur yang cukup sangatlah penting.

2. Jangan Mengganggu Saudaramu Yang Berada Dirumah Maupun Diluar Rumah
Jangan sampai kamu iseng-iseng mengganggu saudaramu bahkan sampai membuatnya marah dan menangis. Hal itu bisa membuat kondisi rumahmu menjadi konflik, yang akan berpengaruh buruk untuk mood mu belajar. Diharapkan kamu damai dengan sesama saudara supaya kamu belajarnya benar-benar bisa fokus tanpa adanya masalah. Jagalah baik-baik hubungan komunikasi dirumah, terutama dengan orangtua.





3. Cek Bensin Pada Kendaraan Motormu (Kalau Kamu Pakai Motor)

Minimal bensin motormu isinya setengah tanki. Kalau bisa isi bensin full, supaya keesokan harinya kamu tidak telat berangkat ujian nasional gara-gara bensinmu habis ditengah jalan. Jangan sampai lupa mengecek bensin motor ya.






4. Pastikan Kendaraan Yang Akan Kamu Pakai Dalam Keadaan Baik Baik Saja
Kondisi ban kendaraan yang kamu pakai untuk berangkat ujian besok harus full angin. Jangan sampai ban gembes di tengah jalan. Cek juga apakah kondisi ban kendaraanmu tidak dalam keadaan bocor. Cek juga kondisi mesinnya, apakah baik-baik saja ataukah mengkhawatikan dan membahayakan. Jika kamu tidak tahu apakah kondisi mesin kendaraanmu baik atau buruk, kamu bisa mengeceknya ditempat servis atau bisa suruh mengecek pada orangtua ataupun seseorang yang ahli mesin kendaraan (montir). Cek rem motor, apakah sudah pakem atau malah rem bong. Diharapkan dengan kamu mengecek kondisi kendaraan maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Pasang Alarm Sebelum Kamu Tidur
Hal ini bertujuan supaya keesokan harinya kamu tidak bangun kesiangan dan tidak berangkat tergesa-gesa. Pasang alarm dengan volume yang keras dan nada yang berisik ya, jangan dengan nada yang lembut. Kalau kamu masang alarm dengan nada yang lembut, bisa-bisa bukannya kamu bangun tidur malahan kamu jadi semakin pulas untuk tidur.





6. Pastikan Semua Alat Untuk Ujian Nasional Sudah Lengkap
Cek lah alat atau perlengkapan untuk ujiannya seperti pensil 2B, penghapus karet, penggaris lingkaran, papan kertas, bolpen dan kartu ujian. Langsung taruhlah semua perlengkapan alat tulis ini kedalam tas, JANGAN DITUNDA-TUNDA YA. Hal ini dimaksudkan supaya alat tulismu tidak ketinggalan, karena alat tulis ini adalah senjata nomer 1 dari segalanya dalam menghadapi ujian nasional.

7. Belajar Secukupnya dan Pahamilah Materi


            Belajarlah dengan santai, jangan tergesa-gesa. Lebih baik kamu paham 5 lembar buku saja dulu daripada kamu tergesa-gesa menghafal 300 lembar buku dalam 1 hari full. Ujian Nasional itu selain hafal juga harus paham, karena kalau hafal materi saja akan membuat kamu bingung mengerjakan soal ujian yang kata-katanya dibuat berbeda. Menghafal materi bisa membuat kamu lupa, tapi memahami materi insyaallah tidak akan membuat kamu lupa.
Pola belajar juga jangan full langsung 6 jam belajar terus, berikan sela-sela  waktu untuk istirahat diotak. Misal 1 jam kamu belajar, lalu 15 menit kamu istirahat, lalu 1 jam lagi kamu belajar dst. Dengan pola belajar yang seperti itu akan membuat kamu tidak jenuh. Yang penting adalah belajar dengan santai tapi benar-benar dipahamkan materinya.

8. STOP INTERNETAN!!!

            Berhentilah bermain internet paling lambat satu hari sebelum ujian. Stop facebook’an, twitter’an, menjelajah dan bermain hal-hal lain diinternet ketika menjelang ujian dan ketika pulang dari ujian. Hal ini bertujuan agar kamu tidak terlena internetan, terutama facebook’an. Dengan kamu terlena bermain internet, maka kamu tidak bisa fokus belajar karena kamu masih kepikiran untuk bermain-main atau facebook’an di internet. Main internet satu hari sebelum ujian juga membuat mata dan badanmu terasa pegal-pegal dan kurang segar, sehingga membuat mood belajarmu buruk. Berhentilah internetan ketika masa ujian, ayo berhenti. Ini cuma sementara saja, ini demi kesuksesanmu menghadapi ujian nasional.

Tips yang diatas baru sebagian dan belum lengkap, baca juga "Tips Sukses Menghadapi UJIAN NASIONAL (Part 2)" (klik untuk membaca).
Terimakasih sudah mau membaca tips ini, semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua :)

Penulis dan Pembuat Tips : Riko S.N.S.

0 comments:

Post a Comment

 

Tentang Pemilik Blog Ini

Lagu

Blogger news


Blogger templates