Pages

Riko Septyan Nor Saputra. Powered by Blogger.

Tuesday, March 19, 2013

Tips Sukses Menghadapi UJIAN NASIONAL (Part 2)




Artikel ini adalah lanjutan dari "Tips Sukses Menghadapi UJIAN NASIONAL (Part 1) " (klik untuk membaca lagi).
Yuk kita simak lagi tips-tips sukses ujian nasional yang sangat menarik ini :

SEBELUM BERANGKAT UJIAN NASIONAL

1. Bangunlah Paling Lambat Jam Setengah 6 Pagi
Hal ini bertujuan supaya kamu punya waktu untuk mengecek lagi semua yang sudah kamu persiapkan dari hari kemarin dan juga agar tidak telat berangkatnya.







2. Cek Lagi Kondisi Kendaraanmu
Cek lagi seperti kondisi angin ban, bensin, rem dan kondisi mesin. Ini bertujuan supaya ketika dijalan kamu tidak mempunyai masalah dengan kendaraanmu, sehingga kamu berangkatnya tidak telat gara-gara kendaraanmu problem ditengah jalan. Mengecek kondisi kendaraan sangat penting.



3. Jangan Lupa Bawa SIM dan STNK Kalau Kamu Pakai Motor
Jangan sampai kamu ditilang polisi gara-gara surat-surat motor tidak kamu bawa dengan lengkap. Hal ini bertujuan agar kamu tidak telat dan terhambat berangkat ujiannya. Kalau kamu sampai ditilang polisi otomatis pikiranmu tidak akan tenang dan sampai terbawa dalam mengerjakan soal, saya tidak ingin kamu seperti itu. Jadi bawa SIM dan STNK itu penting.

4. Cek Lagi Alat Tulis Yang Sudah Kamu Bawa
            Jangan sampai ketinggalan membawa alat-alat tulis. Seperti yang saya katakan tadi, bahwa alat tulis adalah senjata nomer 1 untuk ujian nasional.






5. Minta Doa Restu Pada Orangtua Sebelum Berangkat
            Dengan meminta doa restu pada orangtua terutama pada ibumu (jika ibumu masih hidup) diharapkan kamu bisa lancar dalam mengerjakan soal ujiannya. Doa orangtua sangatlah penting, karena bisa mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin pada anaknya.  
Selain orangtua, mintalah juga doa dari saudara-saudaramu dirumah ataupun diluar rumah ya. Semakin banyak doa, semakin mantab dirimu untuk sukses diujian nasional.

6. Berangkat dan Datanglah Di Sekolah Lebih Awal
            Usahakan sampai disekolah paling lambat 45 menit sebelum ujian dimulai. Misalnya ujian nasionalnya dimulai jam 07.30 WIB, maka paling lambat kamu  sudah sampai disekolah pukul 06.45 WIB. Ini bertujuan agar kamu bisa beradaptasi dengan suasana dan lingkungan sekolah. Dengan waktu adaptasi yang agak lama, diharapkan kondisi jiwamu menjadi nyaman dan tenang sehingga ketika kamu mengerjakan soal ujian pun menjadi rileks dan tidak tegang.

7. Jangan Minum Air Putih Banyak-Banyak
            Ini bertujuan supaya kamu tidak bolak balik kekamar mandi gara-gara kencing melulu. Dengan kamu kencing melulu, itu akan membuat kamu tidak nyaman dan kondisi moodmu berubah menjadi buruk. Jadi jangan minum air putih banyak-banyak ya, biar tidak repot kencing dan kekamar mandi terus.





SIKAP KETIKA PERJALANAN DIJALAN RAYA MENUJU SEKOLAH

1. Jangan Tergesa-Gesa Mengendarai Kendaraan
Kecepatan dalam mengendarai kendaraan (motor) maksimal 50 km/jam. Hal ini bertujuan agar kamu selamat sampai kesekolah.





2. Jangan Melanggar Rambu Lalu Lintas
            Tertib dan patuhilah rambu lalu lintas supaya kamu tidak ditilang polisi dan supaya kamu selamat di perjalanan. Dengan mematuhi tata tertib lalu lintas, diharapkan kamu diperjalanan menjadi lancar dan tepat waktu di sekolah.





3. Tenangkan Hati dan Tahan Emosi
            Ketika dijalan misalnya cuaca sangat panas atau ada orang yang membuatmu marah atau bete’ dijalan, maka tahan emosimu dan jangan marah-marah keorangnya yang membuat kamu kesal. Intinya sabar saja. Ini bertujuan supaya moodmu tidak menjadi buruk 100 %. Kalau kamu sampai memarahi orang itu, moodmu kan tambah buruk lagi. Ketika kamu kesal atau marah, berpikirlah sesuatu hal yang menyenangkan seperti nanti kamu akan berhasil ngerjain soal ujiannya dengan benar dan mudah atau yang lainnya. Senyumlah, tenangkan pikiran dan hati. Tahanlah emosi rapat-rapat hanya untuk sukses di ujian nasional, selain itu terserah deh.



Terimakasih sudah mau membaca tips ini, semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua :)

Penulis dan Pembuat Tips : Riko S.N.S.

0 comments:

Post a Comment

 

Tentang Pemilik Blog Ini

Lagu

Blogger news


Blogger templates